Cara sintesis Artikel
Oleh Tri Insan Mustaqiim
Bagaimana ya car sintesis artikel?
Carilah bagian-bagian terpentingnya seperti judul, latar belakang, tujuannya, dan lain-lain.
Latar belakang penelitian
1. Paragraf pertama menjelaskan tetang pengertian belajar serta tujuan belajar
2. Paragraf kedua menjelaskan Pancasila berasal dari berbagai nilai termasuk salah satunya adalah nilai agama
3. Pilar pembelajarnya Indonesia mengutamakan sikap religius
4. Materi pembelajaran, model pembelajaran, maupun bahan ajar yang digunakan di SMP Institut (SMP yang di observasi) Indonesia belum ada yang secara kontekstual berisikan karakter ketuhanan.
5. Rendahnya skor PISA dan TIMSS
6. Potensi buku di sekolah masih sangat kurang, apalagi buku ajar yang menunjang karakter religius, kebanyakan buku yang digunakan hanya menunjang pengetahuan kognitif siswa saja
7. Lemahnya buku BSE yang disebutkan pada artikelKebutuhan siswa dan guru mengenai bahan ajar yang yang tepat dan efektif dalam memberdayakan karakter religius siswa.
Rata-rata validasi ahli praktisi pendidikan sebesar 3,50 (sangat baik). Rata-rata validasi teman sejawat sebesar 3,74 (sangat baik). Hasil persepsi siswa yaitu berupa isi modul sebesar 3,63, penyajian sebesar 3,60, dan bahasa/keterbacaan sebesar 3,67.
Bagaimana ya car sintesis artikel?
Carilah bagian-bagian terpentingnya seperti judul, latar belakang, tujuannya, dan lain-lain.
Citasi
Indraningrum, A., Sunarno, W., & Aminah, N. S. (2016). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Tipe Connected Berbasis Iqra Tema Lingkungan Pantai Untuk Memberdayakan Karakter Religius Siswa SMP/MTS Kelas VII Semester Ii. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 6(3), 113-126.Desain Penelitian
Artikel ini merupakan penelitian pengembanganLatar belakang penelitian
1. Paragraf pertama menjelaskan tetang pengertian belajar serta tujuan belajar
2. Paragraf kedua menjelaskan Pancasila berasal dari berbagai nilai termasuk salah satunya adalah nilai agama
3. Pilar pembelajarnya Indonesia mengutamakan sikap religius
4. Materi pembelajaran, model pembelajaran, maupun bahan ajar yang digunakan di SMP Institut (SMP yang di observasi) Indonesia belum ada yang secara kontekstual berisikan karakter ketuhanan.
5. Rendahnya skor PISA dan TIMSS
6. Potensi buku di sekolah masih sangat kurang, apalagi buku ajar yang menunjang karakter religius, kebanyakan buku yang digunakan hanya menunjang pengetahuan kognitif siswa saja
7. Lemahnya buku BSE yang disebutkan pada artikelKebutuhan siswa dan guru mengenai bahan ajar yang yang tepat dan efektif dalam memberdayakan karakter religius siswa.
Tujuan Penelitian
Mengembangkan modul Ipa Terpadu Tipe Connected Berbasis Iqra Tema Lingkungan Pantai Untuk Memberdayakan Karakter Religius Siswa SMP/MTS Kelas VII Semester IIMetode Penelitian
Penelitian Pengembangan (research and Development) model siklus 4-D oleh Thiagarajan dan SammelHasil Penelitian
Rata-rata validasi ahli materi sebesar 3,54 (sangat baik). Rata-rata validasi ahli media sebesar 3,48 (baik) Rata-rata validasi ahli bahasa sebesar 3,74 (sangat baik).Rata-rata validasi ahli praktisi pendidikan sebesar 3,50 (sangat baik). Rata-rata validasi teman sejawat sebesar 3,74 (sangat baik). Hasil persepsi siswa yaitu berupa isi modul sebesar 3,63, penyajian sebesar 3,60, dan bahasa/keterbacaan sebesar 3,67.
Komentar
Posting Komentar