Modifikasi model learning cycle 5E

Untuk Melihat Tugas Lainnya klik link di bawah ini
1. Tugas RPP Kelompok
2. Aktivitas RPP Online Modifikasi Kelompok Bagian 1
3. Keunggulan Modifikasi Learning Cycle 5 E 
4. Aktivitas Kelompok Keseluruhan
5. Perbaikan RPP

Image result for model pembelajaran 5 e
By Tri Insan Mustaqiim dan teman-teman di Universitas Jambi

LEARNING CYCLE 5 E

Image result for model pembelajaran 5 e

Tabel modifikasi model learning cycle 5E

 


Learning Cycle
5E
Konvensional
Aktivitas
Keterampilan 4C
Engagement
·     Guru memberikan arahan mengenai alat dan bahan praktikum
·     Guru melakukan demonstrasi  mengenai contoh gelombang transversal menggunakan tali dan siswa diminta memperhatikan
Communication dan Collaborative
Exploration
Siswa (dalam bentuk kelompok kecil) melakukan percobaan yang telah dilakukan guru   dan mencatat hasilnya
Communication, Collaborative dan Creativity
Explanation
Siswa menjelaskan hasil percobaan yang telah dilakukan oleh masing-masing kelompok
Communication
Elaboration
Siswa mengkaitkan contoh gelombang transversal dalam kehidupan sehari-hari.
Contohnya: menjelaskan kejadian pada tetesan air
Communication
dan Critical Thinking
Evaluation
Guru mengevaluasi pemahaman siswa melalui kegiatan post test
Critical thinking

Learning Cycle 
5E
Modifikasi
Aktivitas
Keterampilan 4C
Engagement
Guru memberikan link aplikasi pHet kepada siswa dan meminta siswa untuk mencoba dan mengambil data pada aplikasi tersebut dengan materi Gelombang Transversal
Communication
Komunikasi terjadi ketika guru memberikan link aplikasi pHet kepada siswa

Collaborative
Membangun kerjasama untuk menggunakan aplikasi pHet
Exploration
Masing-masing siswa membuka link aplikasi pHet tersebut di hp atau laptop serta mencatat hasil percobaan
Critical Thinkink
Proses Critical Thinkink terjadi ketika siswa menggunakan aplikasi dan mengolah data

Creativity
Siswa dituntut kreatif saat menggunakan aplikasi.
Contohnya: siswa memodifikasi amplitude gelombang
Explanation
Siswa membagikan hasil tersebut didalam forum diskusi online
Communication
Communication terjadi ketika masing-masing siswa membagikan hasil percobaannya melaluin forum diskusi online
Elaboration
Masing-masing siswa memberikan contoh tersebut di dalam kehidupan sehari-hari
Critical Thinking
Siswa menelaah kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan gelombang transversal

Communication
Siswa membagikan contoh tersebut ke dalam forum diskusi onine
Evaluation
Siswa mengerjakan soal yang sudah guru sediakan di dalam forum diskusi online
Critical Thinking
Siswa menjawab soal yang telah diberikan oleh guru
Pertanyaan umum dari kelompok:
  1. Jelaskan apa pengertian dari model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
  2. Jelaskan peran keterampilan 4C dalam model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
  3. Bagaiamna peran guru dalam mengaktifkan siswa yang tidak berkomunikasi (Collaborative) dalam kelompok kecil ? 
  4. Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan proses berfikiri kritis (Critical thinking)  pada siswa ?
  5. Jelaskan bagaimana komunikasi (Communication) yang terjadi pada saat menggunakan forum diskusi online ?
Pertanyaan tambahan:

1. Jelaskan keunggunggulan tahap engagement pada modifikasi terhadap konvesional?
2. Bagaimana peran guru cara menumbuhkan komukasi kelompok (Collaborative) pada sistem pembelajaran online?
3. Berikan contoh konkret penerapan Critical Thinking Saat siswa melakukan pembelajaran online?




Komentar

  1. 1.learning cycle adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan beberapa tahapan dengan tujuan meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa
    2.peran konsep 4C dalam pembelajaran 5E adalah meningkatkan keterampilan siswa terutama berbasis teknologi
    3.peran guru pada siswa yg tidak berkomunikasi pada kelompok kecil adalah sebagai stimulator agar siswa dpt berperan aktif dlm kelompok
    4.peran guru adalah bisa sebagai fasilitator,stimulator pada saat pembelajaran
    5.komunikasi yg terjadi adalah guru memantau dan membimbing siswa secara online dalam proses pembelajaran

    BalasHapus
  2. 1. Model Pembelajaran learning cycle merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan paradigma konstruktivisme. Pendekatan teori kontruktivistik pada dasarnya menekankan pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka lewat keterlibatan proses belajar mengajar. Sehingga proses belajar mengajar lebih berpusat pada siswa (student centered) dari pada teacher centerred. Dengan kata lain pembelajaran menggunakan model pembelajaran learning cycle berpusat pada siswa dan guru berperan sebagai fasilitator.
    2. meningkatkat keterampilan siswa dalam proses pembelajaran

    BalasHapus
  3. 1. Model Pembelajaran learning cycle merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan paradigma konstruktivisme. Pendekatan teori kontruktivistik pada dasarnya menekankan pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka lewat keterlibatan proses belajar mengajar. Sehingga proses belajar mengajar lebih berpusat pada siswa (student centered) dari pada teacher centerred. Dengan kata lain pembelajaran menggunakan model pembelajaran learning cycle berpusat pada siswa dan guru berperan sebagai fasilitator
    2. peranan dalam model pembelajaran ini yaitu dapat meningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan tersebut.

    BalasHapus
  4. Jelaskan apa pengertian dari model pembelajaran Cycle Learning 5E ? Merupana model pembelajaran yang bertujuan untuk mempermudah pengajaran dengan memperhatikan 5 siklus
    Jelaskan peran keterampilan 4C dalam model pembelajaran Cycle Learning 5E ? Masing-masing harus ada karena memberikan dampak penting dalam proses penerapan model tersebut
    Bagaiamna peran guru dalam mengaktifkan siswa yang tidak berkomunikasi (Collaborative ) dalam kelompok kecil ?
    Dapat memberikan komikasi kode serta fasilitator untuk bertanya
    Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan proses berfikiri kritis (Critical thinking) pada siswa ?
    Membuat pertanyaan dengan memperhatikan kemampuan berfikiri kritis (Critical thinking)
    Jelaskan bagaimana komunikasi (Communication) yang terjadi pada saat menggunakan forum diskusi online ?
    Dapat terjalinnya interaksi pesan tertulis, audio, maupun vidio

    BalasHapus
  5. Jelaskan apa pengertian dari model pembelajaran Cycle Learning 5E ? Merupana model pembelajaran yang bertujuan untuk mempermudah pengajaran dengan memperhatikan 5 siklus
    Jelaskan peran keterampilan 4C dalam model pembelajaran Cycle Learning 5E ? Masing-masing harus ada karena memberikan dampak penting dalam proses penerapan model tersebut
    Bagaiamna peran guru dalam mengaktifkan siswa yang tidak berkomunikasi (Collaborative ) dalam kelompok kecil ?
    Dapat memberikan komikasi kode serta fasilitator untuk bertanya
    Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan proses berfikiri kritis (Critical thinking) pada siswa ?
    Membuat pertanyaan dengan memperhatikan kemampuan berfikiri kritis (Critical thinking)
    Jelaskan bagaimana komunikasi (Communication) yang terjadi pada saat menggunakan forum diskusi online ?
    Dapat terjalinnya interaksi pesan tertulis, audio, maupun vidio

    BalasHapus
  6. 1. Model pembelajaran learning cycle-5E adalah model pembelajaran yang terdiri atas fase-fase atau tahap-tahap kegiatan yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperan aktif. Model pembelajaran learning cycle-5E merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan paradigma konstruktivisme. Pendekatan teori konstruktivistik pada dasarnya menekankan pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka lewat keterlibatan proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar lebih berpusat pada siswa (student centered). Dengan kata lain, pembelajaran menggunakan model pembelajaran learning cycle-5E “berpusat pada siswa dan guru berperan sebagai fasilitator” (Trianto, 2007, hlm. 22).

    BalasHapus
  7. 1. Model pembelajaran LC 5E adalah salah satu model pembelajaran yang berpusat kepada siswa.
    2. Dalam model 5E proses belajar bukan lagi sekedar transfer pengetahuan dari guru ke siswa, tetapi model ini berperan memperoleh konsep yang berorientasi pada keterlubatan siswa secara aktif dan langsung
    3. Guru memberikan pertanyan2 yang sederhan yang faktual dalam kehidupan sehari-hari
    4. Guru berperan sebagai fasilitator dan motivator
    5.siswa berdiskusi secara online mengenai topik yang di berikan, guru hanya mengamati saja

    BalasHapus
  8. 1. Model Pembelajaran learning cycle merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan paradigma konstruktivisme. Pendekatan teori kontruktivistik pada dasarnya menekankan pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka lewat keterlibatan proses belajar mengajar. Sehingga proses belajar mengajar lebih berpusat pada siswa (student centered) dari pada teacher centerred. Dengan kata lain pembelajaran menggunakan model pembelajaran learning cycle berpusat pada siswa dan guru berperan sebagai fasilitator.

    BalasHapus
  9. Jelaskan apa pengertian dari model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
    Siklus belajar 5E (learning cycle 5E) adalah model pembelajaran konstruktivis yang menggabungkan antara hands-on, minds-on, dan penyelidikan ilmiah berbasis pedagogi.
    Berbeda dengan metode pengajaran tradisional yang mendominasikan instruksi langsung dalam menyampaikan informasi, siklus belajar 5E dengan pendekatan hands-on di mana siswa dapat mengeksplorasi konsep baru, mengevaluasi kembali pengalaman masa lalu mereka, dan mengasimilasi atau mengakomodasi pengalaman baru dan konsep ke dalam skema yang sudah ada
    Jelaskan peran keterampilan 4C dalam model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
    Keterampilan abad ke-21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) merupakan kemampuan sesungguhnya ingin dituju dengan Kurikulum 2013.
    Tentu memiliki peran penting dalam langkah-langkah, acuan, dan cara menilai lebih terarah karenanya

    Bagaiamna peran guru dalam mengaktifkan siswa yang tidak berkomunikasi (Collaborative ) dalam kelompok kecil ?
    Peran guru adalah sebagai fasilisator untuk bertanya. Guru juga berperan memberikan motivasi untuk saling bertanya sehingga berjalan komunikasi dengan baik dan memperbaiki adanya miskonsepsi
    Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan proses berfikiri kritis (Critical thinking) pada siswa ?
    Guru memberikan pertanyaan atau masalah sehingga siswa berusaha berpikir untuk memecahkan masalah tersebut
    Jelaskan bagaimana komunikasi (Communication) yang terjadi pada saat menggunakan forum diskusi online ?
    Komunikasi bisa dilakukan dengan lebih mudah karena pada umumnya orang yang memiliki kesulitan berbicara akan lebih mudah mengungkapkan melalui pesan teks. Media komunikasi dapat juga berupa audio maupun vidio.

    BalasHapus
  10. Istilah model pembelajaran amat dekat dengan istilah strategi pembelajaran. Soedjadi dalam Rachmadi (2004:3) menyebutkan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu siasat melakukan kegiatan pembelajaran yang bertujuan mengubah suatu keadaan pembelajaran kini menjadi keadaan pembelajaran yang diharapkan. Untuk mengubah keadaan itu dapat ditempuh dengan berbagai pendekatan pembelajaran. Soedjadi menyebutkan bahwa dalam satu pendekatan dapat dilakukan lebih dari satu metode dan dalam satu metode dapat digunakan lebih dari satu teknik.

    BalasHapus
  11. Kalau diindonesiakan 5E itu apa terjemahannya kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. (engage/keterlibatan) (eksplore/penjelajahan) (explain/menjelaskan) (elaborate/elaborasi) (evaluate/menilai)

      Hapus
  12. (engage/keterlibatan) (eksplore/penjelajahan) (explain/menjelaskan) (elaborate/elaborasi) (evaluate/menilai)

    BalasHapus
  13. Model Pembelajaran learning cycle merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan paradigma konstruktivisme. Pendekatan teori kontruktivistik pada dasarnya menekankan pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka lewat keterlibatan proses belajar mengajar. Sehingga proses belajar mengajar lebih berpusat pada siswa (student centered) dari pada teacher centerred. Dengan kata lain pembelajaran menggunakan model pembelajaran learning cycle berpusat pada siswa dan guru berperan sebagai fasilitator

    BalasHapus
  14. learning cycle adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan beberapa tahapan dengan tujuan meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa

    BalasHapus
  15. Wes mantap tenan gawean mu niqi

    BalasHapus
  16. Model pembelajaran Learning cycle 5E merupakan model pembelajaran yang membantu siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya dengan rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga siswa terlibat aktif dalam mencapai tujuan pembelajaran.

    BalasHapus
  17. Pakai Bahasa Indonesia saya tak paham lah

    BalasHapus
  18. Untuk apa belajar ni?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sangat bermanfaat. Sebagai acuan kita dalam menyusun rencana pembelajaran sehingga proses belajar mengajar tercapai dengan hal yang di harapkan

      Hapus
    2. Ini sangat bermanfaat. Sebagai acuan kita dalam menyusun rencana pembelajaran sehingga proses belajar mengajar tercapai dengan hal yang di harapkan

      Hapus
  19. saya akan menjawab pertanyaan nomor 4, yakni peran guru dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model learning cycle 5E. guru dapat menambahkan elemen-elemen keterampilan 4C pada sintaks-sintaks model learning cycle 5E, dengan mentrigger siswa agar mampu menjelaskan serta mengelaborasi argumentasi yang diajukan dalam pembelajaran yang sedang berlangsung dan juga siswa harus mampu menyelesaikan permasalahan yang dapat berupa post test, atau pun ujian semester.

    BalasHapus
  20. 1. Engagement (engage/keterlibatan) merupakan fase saat guru mencoba memusatkan perhatian siswa dan mengikutsertakan siswa ke dalam sebuah konsep baru dengan cara memberikan pertanyaan motivasi, memberikan gambaran tentang materi yang akan dipelajari, demonstrasi, atau aktivitas lain yang digunakan untuk membuka pengetahuan siswa dan mengembangkan rasa keingintahuan siswa. Pada fase ini guru menggali pengetahuan awal siswa untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan pikiran siswa mengenai konsep yang akan dipelajari. Hal terpenting dalam fase ini adalah guru menghindari mendefinisikan dan membuat penjelasan tentang konsep yang akan dibahas.

    BalasHapus
  21. learning cycle adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan beberapa tahapan dengan tujuan meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa

    BalasHapus
  22. Pada tahap engagement modifikasi bisa dilakukan kapan pun karena bersifat online dan pembelajaran yang terjadi dapat direkam dan bisa dipelajari lagi.

    BalasHapus
  23. 2.Bagaimana peran guru cara menumbuhkan komukasi kelompok (Collaborative) pada sistem pembelajaran online?


    3. Berikan contoh konkret penerapan Critical Thinking Saat siswa melakukan pembelajaran online?

    BalasHapus
  24. Bagaimana peran guru dalam mengaktifkan komunikasi (Collaborative ) dalam kelompok kecil ? 
    Guru bisa menjadi fasilitator bagi siswa yang ingin bertanya jika terjadi miskomunikasi antar siswa pada saat pembelajaran online berlangsung

    BalasHapus
  25. Model pembelajaran learning cycle-5E adalah model pembelajaran yang terdiri atas fase-fase atau tahap-tahap kegiatan yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperan aktif. Model pembelajaran learning cycle-5E merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan paradigma konstruktivisme. Pendekatan teori konstruktivistik pada dasarnya menekankan pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka lewat keterlibatan proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar lebih berpusat pada siswa (student centered). Dengan kata lain, pembelajaran menggunakan model pembelajaran learning cycle-5E “berpusat pada siswa dan guru berperan sebagai fasilitator” (Trianto, 2007, hlm. 22).

    BalasHapus
  26. Sultan Casino - Shootercasino.com
    Sultan Casino is one of the 온카지노 largest 메리트카지노 online casino owned by the Sultan Group. With over 7000 titles and many varieties of 제왕 카지노 slots, jackpots,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penelitian Etnografi dan Contohnya (Ethnographic Research and Examples)