Penelitian Etnografi dan Contohnya (Ethnographic Research and Examples)

Bismillahirrohmanirrohim,
para Pembaca sekalian yang berbahagia. Kali ini saya ingin memperkenalkan studi mengenai penelitian menggunakan etnografi.





Perhatian!
silahkan diklik tulisan referensi  anda akan mendapatkan rujukannya secara cepat dan rujukan ini terpercaya insyaallah. Tergantung kondisi update.


Oke Langsung saja lihat penjelasan dibawah ini:

Apa itu penelitian etnografi?


Istilah Etnografi secara harfiah berarti “menulis tentang kelompok orang”. Dengan menggunakan rancangan kualitatif ini dapat diidentifikasi sekelompok orang; mempelajari mereka di rumah atau tempat kerjanya; mencatat bagaimana mereka berperilaku, berpikir, dan berbicara; dan mengembangkan gambaran umum tentang kelompok itu. (Creswell, 2015
Etnografi adalah studi tentang interaksi sosial, perilaku, dan persepsi yang terjadi dalam kelompok, tim, organisasi, dan masyarakat (Reeves,Kuper, & Hodges, 2008).  Fitur utama etnografi adalah bahwa itu adalah bersifat padat karya dan selalu melibatkan kontak langsung lama dengan anggota kelompok dalam upaya untuk mencari pembulatan, penjelasan menyeluruh (Lee, Saunders, & Goulding, 2005),

Apa contoh penelitian Etnografi?

Contoh rancangan penelitian menggunakan rancangan etnografi yaitu penelitian yang dilakukan Inayah dan Hakimi mengenai pengetahuan ibu hamil mengenai kehamilan dan persalinan di Kota Banjarmasin. Metode Penelitian: Jenis penelitian kualitatif dengan rancangan etnografi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling(Inayah & Hakimi, 2007). Penelitian oleh Putro mengenai Pembelajaran Industri Berbasis ISO 9001: 2008 di SMK Muhammadiyah 2 Andong Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan rancangan etnografi. Data dikumpulkan dari instrumen dan narasumber melalui observasi, dokumentasi dan wawancara (Putro, 2011).

  Referensi



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modifikasi model learning cycle 5E